Jumat, 08 November 2013

PWK Munggang

Ahad, 22 Januari 2012 - Judul di atas mungkin terdengar wagu dan belagu. Tetapi, itu adalah mimpi ibu2 buruh cetak bata di dusun Munggang Candinegara yang selama ini di bina dalam wadah Pos PWK.

Kegiatan yang menitikberatkan kepada baca Al Qur'an (tadarusan) ini berlangsung 2 minggu sekali secara bergilir antar anggota. Dan setiap pertemuan dikumpulkan iuran Rp. 1.000,- yang digunakan untuk keperluan Pos WK seperti praktek-praktek ketrampilan maupun masak.

Ditambah tabungan ibu-ibu yang selama ini diniatkan untuk membeli seragam :) Tak di sangka, jumlah yang kecil itu sekarang sudah mencapai Rp. 1.000.000,- sebuah angka yang besar - menurut kami - orang kampung.

Uang yang mandeg-tak berdaya guna di rasa eman-eman. Sementara ibu-ibu sering membutuhkan untuk acara2 mendadak, bayar sekolah anak, termasuk juga beragam kredit murah. Saya selaku Pendamping merasa miris mendengar margin/bunganya. Mau melarang itu bukan hak saya dan tidak bisa memberi solusi alternatif. Membiarkan rasanya tidak tega benar, apalagi saya tahu betul kehidupan sehari-hari mereka. Akhirnya, tercetuslah ide untuk membuat "semacam" koperasi. Mengapa disebut semacam, karena belum memenuhi semua syarat keberadaan koperasi, seperti simpanan wajib dan lainnya. Tetapi, ke depan insyaAlloh akan kami formulasikan secara tepat.

Ternyata gayung bersambut. Secara alami ibu-ibu langsung membuat peraturan dan saya menyepakatinya. Untuk menghindari riba (yang pengetahuan kami masih belum ada) kami sepakati untuk peminjaman dalam bentuk barang. contohnya, gelas dibeli seharga Rp. 3000,- dan harga yang disepakati adalah harga yang kami jual misalnya Rp. 3500,- maka ibu-ibu membayar Rp. 3500,- dan boleh dicicil sejumlah itu.

Sementara baru itu, karena peminjaman untuk modal sepertinya lebih rumit, dan kami belum model syar'inya yang bagaimana. Hal ini menjadi sebuah tantangan pula bagi ibu-ibu untuk terus belajar, bahkan sudah ada menyarakan untuk studi banding ke Pos WK Koperasi di daerah .


*

INFO DESA

Tentang Pembuat Blog ? Baca ....

TULISAN

Tulisan sobat disini