Jumat, 08 November 2013

PSM Mulya Martani Terima Dana UMK

CANDINEGARA―Bertempat di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas, Kamis (14/7) telah dilakukan penyaluran dana pinjaman bergulir bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Banyumas. Total dana yang disalurkan sebesar 1 milyar rupiah, berasal dari APBD Kabupaten Banyumas, melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Banyumas.
 
Penyerahan dana secara simbolis dilakukan oleh Plt Setda, Abdullah Muhammad, kepada 3 perwakilan pelaku UMK, yaitu Sunaryo Ketua KUBE PSM Mulya Martani Candinegara Kecamatan Pekuncen (sebesar 25 juta), Winarko Ketua Kelompok Jangkar Mas II Pekunden Banyumas (30 juta), dan Raniyah Ketua Kelompok Budi Usaha Sejahtera I Karangpucung Tambak (30 juta).
 
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Kabupaten Banyumas, Purwadi Santoso mengatakan, dana pinjaman tersebut akan didistribusikan kepada 896 orang pelaku UMK, yang terbagi dalam 45 kelompok tersebar di 23 kecamatan. Tiap-tiap UMK mendapatkan antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.500.000, tergantung pada besar kecilnya usaha. Lama pinjaman 3 tahun dengan bunga pertahun 6%.
 
Sementara Bupati Banyumas, Mardjoko, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt Sekda berharap, dana tersebut dapat membantu pengembangan UMK agar lebih kompetitif dan mampu bersanding bersama pelaku ekonomi lainnya. Menurutnya, UMK mempunyai peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, yakni dalam hal penyerapan tenaga kerja dan pendistribusian hasil-hasil pembangunan. UMK juga merupakan lembaga usaha yang terbukti tidak lekang oleh hantaman krisis keuangan, serta sangat mendukung gerak roda perekonomian daerah.
 
Mardjoko juga mengingatkan kepada para penerima, bantuan yang diberikan bukan hibah, tetapi dana pinjaman yang harus dikembalikan sesuai mekanisme yang ada. Pelaku UKM penerima harus meningkatkan kreativitas agar modal dan usahanya berkembang dan mampu mengembalikan pinjamannya. Dengan begitu dana tersebut dapat terus bergulir kepada kelompok-kelompok lain yang membutuhkan

*

INFO DESA

Tentang Pembuat Blog ? Baca ....

TULISAN

Tulisan sobat disini